Tips dan Trik Pengukuran Grounding

Alat Ukur Grounding 

Fungsi dan Jenis Alat survey , Ilmu Tentang Telekomunikasi

Gbr 1. Grounding tester
Pernahkah anda melakukan Survey atau ATP dengan alat yang satu ini??? Digital Earth Grounding Tester Kyoritsu 4105A Alat yang satu ini paling sering digunakan untuk survey audit dalam suatu site, dan fungsi utamanya tentu saja untuk mencheck ukuran grounding dalam suatu site.

silahkan baca lebih lanjut cara penggunaan alat ini dalam artikel ini, agar anda bisa mendapat gambaran cara penggunaannya.
biasanya karena banyaknya perangkat grounding yang hilang dalam suatu site, maka diperlukan pengecekan ulang tegangan grounding dalam suatu lokasi guna mencegah terjadinya korsleting perangkat yang mengakibatkan rusaknya perangkat - perangkat dalam suatu site akibat hilangnya si perangkat grounding.

Gbr 2. Contoh Pengukuran Grounding
mungkin banyak yang menyepelekan fungsi grounding dalam suatu pekerjaan telekomunikasi ini padahal sangat signifikan pengaruhnya dalam menstabilkan perangkat di area/wilayah tertentu yang mempunyai frekuensi sambaran petir tinggi.

banyak hal yang mempengaruhi dalam tidak berfungsinya sistem grounding pada suatu lokasi. dan salah satunya banyak kehilangan material grounding dilokasi.

Hasil yang diharapkan dalam pengukuran grounding existing biasanya adalah dibawah 0.1 ohm seperti gambar no.2 terlihat pengukurannya masih dibawah 0.1 ohm.

ada beberapa trik agar dapat hasil pengukuran agar sesuai dengan hasil pengukuran standard. saya akan mulai dengan cara pengukurannya terlebih dahulu.
  1. Ada 3 Kabel utama pada alat ini yaitu merah, kuning dan hijau dengan jangkauan meter tertentu.
  2. Pasang ketiga kabel tersebut pada alat anda di bagian belakang sesuai warna kabel dan warna input dialat tersebut.
  3. lalu tancapkan Stik grounding ketanah dengan jarak kurang lebih 5m atau 5 langkah kaki anda, dengan warna hijau ke grounding di control box/busbar. lalu kabel kuning yang sudah anda tancapkan dengan stik groundingnya, kemudian merah adalah yang paling jauh. tancapkan arah sejajar. lalu putar alat ukur anda ke arah 10/20 ohm.kemudian tekan tombol warna merah untuk menahan ukuran tegangan.
  4. Anda akan dapatkan hasilnya pada layar yg tertera digambar no.2, hasil akan bervariasi pada tiap site tergantung baik buruknya kondisi perangkat grounding dilapangan, bahkan untuk kasus grounding yang banyak hilang akan tidak muncul sama sekali. hanya berupa ukuran (1.0.0)
Pada kasus dimana kondisi perangkat grounding ada, namun hasilnya tetap tidak menunjukan angka dibawah 0.1 ohm. kemungkinan besar koneksi grounding tidak benar. anda dapat mengakalinya dengan menyiram tanah yang ditancap stik grounding dengan air, coba lihat hasilnya dan buktikan sendiri. namun saya tidak menganjurkan cara seperti ini, akan tetapi mungkin laporan anda tidak akan diterima jika semua alat grounding tidak ada yang hilang alias masih utuh.


Tips dan Trik Pengukuran Grounding Tips dan Trik Pengukuran Grounding Reviewed by Unknown on 00:43:00 Rating: 5
Show Comments: OR

No comments:

Powered by Blogger.