STANDARD SAFETY TOOLS DAN KEGUNAANNYA DALAM KERJA KETINGGIAN DI MENARA ATAU TOWER KOMUNIKASI


Chapter 1

Sering kita mendengar dan melihat safety tools untuk kerja di tower, khususnya bagi para pekerja di bidang komunikasi, tetapi banyak juga yang belum tau dengan benar apa manfaat, kegunaan dan fungsi dari alat-alat tersebut, maka kali ini Kami mencoba menjelaskan dengan singkat dan jelas mengenai Safety tools dan kegunaannya dalam kerja di ketinggian di tower-menara komunikasi
Perlengkapan Standar Minimal untuk memulai pekerjaan di atas menara tower komunikasi, antara lain adalah :

SML Work @ Height perlengkapan standard bekerja di ketinggian
1.      Full Body Harness untuk kerja di ketinggian
2.      Positioning Lanyard
3.      Absorber Lanyard
4.      Safety Helmet untuk kerja ketinggian atau Safety Hardhat dengan tali dagu
5.      2 atau 3 Set Carabineer Screw
6.      Safety Shoes / Boots untuk kerja ketinggian
7.      Kaca mata pelindung dari Sinar matahari untuk kerja ketinggian
 (sunglasses – Goggle sunglasses)
8.      Kantung Bolt (semacam tas dengan bentu menyerupai karung dengan webbing Flip untuk di kaitkan di pinggang atau di body harnest)
9.      Sarung tangan untuk melakukan pemanjatan di tower

Full Body Harness
Alat pengaman pemajatan yang fungsinya dapat menahan atau mengikat badan, dirancang untuk mendistribusikan gaya yang diberikan selama melakukan pemanjatan atau kegiatan di ketinggian dengan sistim mengikat pada badan, melalui keluar panggul, paha, pinggang, dada dan bahu. Hal ini juga digunakan sebagai titik tumpu/ kait untuk komponen peralatan panjat lain.
Sebuah tehnik memanfaatkan tubuh penuh dapat mencakup pinggul, sadel, dada, bahu dan punggung pada bagian D-cincin. Pastikan bahwa Anda memahami penggunaan dan keterbatasan semua D-cincin pada harness Anda. Bagian belakang D-cincin "alias" cincin punggung seharusnya hanya digunakan untuk mengkaitkanAbsorber Lanyard.Fungsinya sebagai penahan jatuh saat bekerja stasioner atau saat Anda memanjat menara tanpa kabel pengaman. Sedangkan Cincin Dada D-Ring depan harus digunakan untuk mengkaitakan ke perangkat pendakian lain (pengaman tubuh bisa dari webbing dengan carabineer pada ujungnya)sehingga membuat posisi kerja static (diam dalam satu posisi di ketinggian) jauh lebih aman.

Hip-Ring atau Hip cincin (letaknya pada samping harnest di bagian pinggang-Pinggul) harus digunakan untukpositioning  lanyard Anda dan atau spreader bar yang dapat digunakan untuk berbagai macam lanyard (lebih dari satu landyard).
Jika Anda memiliki cincin harness pelanaatau D-Saddle Ring pada harness, fungsi kegunaannya ialah untuk kursi "alias" pelana, ini memungkinkan seorang pekerja untuk menempatkan diri dalam posisi duduk untuk kenyamanan saat bekerja di menara untuk waktu yang lama. Bila tidak Anda jug dapat menggunakan pelana D-cincin pekerjaan besar untuk membawa tas alat Anda naik menara.
Shoulder D-rings atau D-Cincin bahu(letaknya pada sabuk harness di kanan dan kiri bahuh anda) dirancang untuk tindakan penyelamatan si pemanjat pada ruang terbatas,  tetapibias juga digunakan sebagai tempat ekstra untuk membawa barang-barang (alat-alat lain) ke atas menara- tower.

Biasakan  selalu memakai ukuran yang tepat dari harness, yang sesuai dengan postur tubuh Anda, sehingga terasa nyaman tetapi tidak terlalu ketat-sempit. Bagian belakang D-ring harus antara tulang belikat Anda. Ada dua jenis full body harness dengan tali dada yang berbeda.
1 Ada Harness dengan sabuk  membentuk pola H pada bagian dada.
2.Ada Harness dengan sabuk  membentuk pola X pada bagian dada.


Ada terdapat masalah dengan pola H jika tidak dipakai dengan benar dan disarankan agar pendaki wanita mungkin lebih suka pola X. Umumnya, tali dada D-ring harus diposisikan antara bagian bawah tulang dada dan pusar.
Perhatikan dengan teliti secara khusus ke pada bagian belt/sabuk di harness anda, terutama pada tali selangkangan, dengan belt/sabuk pada bagian lingkar kaki.Harus dirasakan pas cocok dan nyaman
Jika Anda terjatuh jatuh maka secaara otomtis berat badan anda akan didistribusikan ke bahu dan pinggul sementara tali selangkangan akan menarik keras. Setiap slack di tali ini akan menyebabkan ketidaknyamanan secara terus menerus pada posisi jongkong setelah terjatuh. Banyak Produsen atau Pabrik pembuat Harness menawarkan tipe Harnest dengan bantalan di kaki dan bahu tali.Hal ini juga dikenal untuk memberikan kenyamanan lebih saat bekerja pada sebuah menara.
Sabuk pinggang pada harness umumnya tidak digunakan sebagai sistem kunci atau penahan terhadap kondisi saat  jatuh tapi hanya digunakan untuk posisi  kenyamanan dalam memakai ful body harnest atau dalam posisi tidak terbebani. Sabuk-Belt harus sesuai sehingga tidak memberikan tekanan pada kecil bagian belakang pinggang-pinggul atau ginjal pada perut.
Perlu diperhatikanThe hip D-cincin harus menghadap ke depan dari pinggul Anda, bukan mundur ke arah bokong Anda.

JANGAN PERNAH SEKALI KALI membuat lubang tambahan atau mengubah harness atau peralatan mendaki dengan cara apapun.
Menyimpan peralatan mendaki di daerah yang bersih kering bila tidak digunakan. Periksa dengan berkala untuk melihat apa ada bagian yang rusak/cacat.
Baca secara menyeluruh semua instruksi dan panduan manual yang disediakan ketika Anda membeli peralatan panjat dan Safety tools Anda. Selalu ingat menggunakan Safety Tools adalah untuk melindungi Anda jatuh. Perlakukan harness Anda seolah-olah hidup Anda tergantung padanya.
[ Writer : Iman Ardipraja ]
STANDARD SAFETY TOOLS DAN KEGUNAANNYA DALAM KERJA KETINGGIAN DI MENARA ATAU TOWER KOMUNIKASI STANDARD SAFETY TOOLS DAN KEGUNAANNYA DALAM KERJA KETINGGIAN DI MENARA ATAU TOWER KOMUNIKASI Reviewed by Unknown on 20:03:00 Rating: 5
Show Comments: OR

1 comment:

  1. wajib dibaca gans, Safety First - Keluarga menunggu dirumah

    ReplyDelete

Powered by Blogger.